Rapat Koordinasi Pembahasan RUU Pengesahan Protokol ke 7 AFAS

Jakarta, 5 Maret 2019 – Sedang berlangsung Rapat koordinasi membahas RUU Pengesahan Protocol to Implement the 7th Package of Commitments on Financial Services under the ASEAN Framework Agreement on Services (AFAS) di Hermitage Hotel. Rapat koordinasi ini diadakan oleh Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan selaku unit pemrakarsa dan diikuti oleh beberapa Kementerian/Lembaga. K/L yang terlibat antara lain Kemenko Perekonomian, Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Sekretarian Negara, Kementerian Sekretariat Kabinet, Kementerian Pendidikan dan Budaya, dan Kementerian Keuangan selaku unit pemrakarsa.

Pembentukan ASEAN Framework Agreement on Services (AFAS) merupakan salah satu bagian dari proses perwujudan Masyarakat Ekonomi ASEAN yang berupaya untuk mewujudkan integrasi ekonomi di kawasan ASEAN. Sampai dengan saat ini Indonesia telah mengesahkan sebanyak enam Protokol penerapan paket komitmen jasa keuangan di bawah AFAS. Paket ketujuh yang sedang disusun sampai pada tahap finalisasi penyelarasan naskah akademik. Dalam proses ratifikasi yang dilakukan, Kementerian Keuangan selaku unit pemrakarsa perlu menyampaikan konsep RUU sebagai salah satu dokumen pendukung untuk selanjutnya dilakukan proses harmonisasi sebelum disampaikan kepada DPR.

Komitmen   yang   disampaikan  oleh  Indonesia  dalam  Protokol ini meliputi seluruh komitmen Indonesia dalam Protokol Keenam beserta tambahan penjelasan mengenai conventional and takaful insurance pada jasa non-life insurance yang sebelumnya telah dikomitmenkan pada WTO.

Tujuan dari Protocol to Implement the Seventh Package of Commitment on Financial Services under the ASEAN Framework Agreement on Services ini adalah untuk membuka kesempatan bagi penyedia jasa keuangan domestik untuk memperluas pasar di kawasan ASEAN serta menciptakan kompetisi yang sehat di pasar jasa keuangan dalam negeri sehingga tercipta efisiensi dan daya saing di bidang perdagangan barang dan jasa.