Prioritas Deliverables Ekonomi ASEAN Tahun 2019 masa Keketuaan Thailand

Nusa Dua, Bali, 25 Februari 20-19.  Pada masa ASEAN Chairmanship 2019 dimana Thailand menjadi ketua, tema yang diangkat adalah Advancing Partnership for Sustainability.  Ada 3 (tiga) elemen besar yang diangkat oleh Thailand pada tahun 2019 ini yaitu Advancing (Tingkat Pemanfaatan), Partnership (Kemitraan) dan Sustainability (Keberlangsungan).

Pertama, adalah “Advancing”. ASEAN akan melihat ke depan dan maju bersama secara dinamis, membuat penggunaan kemajuan teknologi dari revolusi industri 4, dan meningkatkan daya saing kami. ASEAN juga akan membangun kekebalan dari teknologi mengganggu dan tantangan di masa depan, terutama bagi UMKM, untuk maju ke arah “Digital ASEAN”.  Elemen dari Advancing ini adalah:

  • Pemanfaatan Kemajuan teknologi dari revolusi industri 4.0
  • Pernguatan daya saing
  • Membangun kekebalan dari teknologi mengganggu (disruptive technology)

Kedua, “Kemitraan” ASEAN maupun dengan mitra dialog dan masyarakat internasional, dengan memperkuat konsep “ASEAN ditambah satu” dan memperkuat yang berpusat pada ASEAN regional arsitektur, meningkat kerjasama dengan semua negara-negara dengan karena pertimbangan untuk menyeimbangkan dan manfaat bagi orang-orang, dan meningkatkan peran ASEAN di panggung internasional dalam mengatasi masalah-masalah global yang penting seperti perubahan iklim. Dalam memperkuat kemitraan berbagai ASEAN, salah satu driver yang paling penting adalah promosi konektivitas dalam berbagai dimensi, termasuk infrastruktur, aturan dan peraturan dan link orang-ke-orang, terutama dalam konteks tahun ASEAN 2019 budaya. Sama penting adalah menghubungkan berbagai konektivitas strategi dalam kawasan, menjadi “mulus ASEAN”.  Elemen Kemitraan terdiri atas:

  • Penguatan peran ASEAN sebagai pusat regional arsitektur
  • Peningkatan kerja sama ekonomi
  • Menyambungkan konektivitas yang ada

Ketiga, adalah “Keberlangsungan”. Kami berharap untuk membangun keberlanjutan dalam semua dimensi, baik keamanan berkelanjutan, pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, yang meliputi hijau ekonomi dan pembangunan berkelanjutan. Pembentukan ASEAN pusat untuk studi pembangunan berkelanjutan dan dialog dan pusat ASEAN yang aktif penuaan dan inovasi akan memainkan peran penting dalam mencapai tujuan ini.  Elemen dari Keberlangsungan ini adalah:

  • Sustainable keamanan
  • Green economy
  • Pertumbuhan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan