PERTEMUAN KETUA DEWAN MEA KE 18 DALAM RANGKAIAN KTT ASEAN KE 35

Bangkok, Thailand 31/10/2019. Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto,  memimpin Delegasi Indonesia pada pertemuan ASEAN Economic Community (AEC) Council atau Dewan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), didampingi oleh Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto, yang berlangsung hari ini, 31 Oktober 2019 di Impact Exhibition and Convention Centre, Bangkok, Thailand. Pertemuan ini mendahului rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke 35 yang akan berlangsung pada tanggal 2 s.d. 4 November 2019 ditempat yang sama. Empat hal utama yang dibahas dalam pertemuan ini adalah 1) tingkat implementasi prioritas tahunan MEA, 2) Pelaksanaan Mid Term Review (MTR) Cetak Biru MEA  3) Kerangka kerja badan-badan sektoral dibawah Dewan MEA, 4) Revolusi Industri 4.0.

Langkah besar Integrasi Ekonomi ASEAN masih akan terus dilakukan. Pada ASEAN Summit ke 27 di Malaysia, para pemimpin ASEAN setuju untuk mengadopsi AEC Blueprint 2025 yang bertujuan menjadikan ASEAN sebagai kawasan yang kohesif, kompetitif, inovatif dan dinamis melalui peningkatan konektifitas dan kerjasama sektoral; inklusif, berorientasi pada manusia, mengedepankan komunitas dan terintegrasi dengan ekonomi global.

Sejak diberlakukannya AEC Blueprint 2025, upaya integrasi dilakukan secara bertahap melalui target Annual Priorities yang harus dipenuhi oleh negara anggota pada setiap tahunnya. AEC Council di negara anggota bertanggung jawab untuk memantau perkembangan implementasi setiap prioritas dan melaporkannya pada pertemuan AEC Council Meeting di ASEAN Summit. termasuk pada kesempatan ASEAN Summit ke 35 ini.