Kuliah Umum dan Talk Show Membangun Potensi Lokal dalam Ekonomi ASEAN: Teknologi Borderless dan Kebijakan Nasional

Bandar Lampung, 26 April 2019 Setelah melakukan sosialisasi Pemanfaatan Perjanjian E-Commerce ASEAN bagi Pelaku Bisnis di Daerah dan Sosialisasi Penyusunan Kerangka Ekonomi Digital di Wilayah IMT-GT di Hotel Aston City, Tim Panitia dari Kemenko Perekonomian melanjutkan kegiatan di Universitas Lampung yang berupa Kuliah Umum dan Talk Show yang bertema Membangun Potensi Lokal dalam Ekonomi ASEAN. Acara ini dilakukan di Auditorium Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Kuliah umum ini dilakukan langsung oleh Bapak Sukarman selaku Kepala Bidang Kerjasama Ekonomi ASEAN, Kemenko Bidang Perekonomian. Kegiatan ini cukup mengundang antusiasme para mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan jumlah peserta yang mengahadiri kuliah umum ini mencapai sekitar 150 peserta. Antusiasme juga ditunjukan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan saat sesi diskusi berlangsung. Kuliah umum ini dibuka oleh Bapak Denden Kurnia Drajat selaku Wakil Dekan Bidang Akademi FISIP Universitas Lampung.

Poin – poin diskusi saat kuliah umum yang disampaikan antara lain:

  • Tugas pemerintah adalah membuat ekosistem yang baik dan melihat dari dua sisi baik itu produsen maupun konsumen.
  • Produk Indonesia masih kalah bersaing dengan produk luar karena belum memiliki standarisasi produk, keunikan dan wrapping.
  • Indonesia harus mulai memproduksi intermediate goods dibanding raw goods agar memiliki nilai tambah. Selain itu demand terhadap intermediate goods di pasar global juga semakin tinggi.

Pembawa acara dalam kuliah umum ini adalah Senandung Luluk dan Flavianus D. Melsasail. Kuliah umum ini berlangsung sangat interaktif dan mendapat antusias yang sangat baik dari para peserta. Di akhir sesi paparan ada beberapa kuis interaktif yang dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan para mahasiswa tentang ASEAN.