6th ISSL RCEP Meeting

Jakarta, 24 Agustus 2019 – Bertempat di Ruang Nusantara, Gedung Baru Sekretariat ASEAN, Dirjen PPI selaku TNC Chair Bapak Iman Pambagyo membuka Pertemuan Intersesi RCEP TNC ke-6 yang mengikutsertakan beberapa Working Group/Sub Working Group.

Dalam sambutannya, TNC Chair menekankan perlunya Negosiator disemua tingkatan, memperhatikan dan melaksanakan keputusan dan arahan dari Pertemuan Intersesi Menteri RCEP ke-8 di Beijing, RRT, utamanya terkait penyelesaian akses pasar dan perundingan teks . Pertemuan ini merupakan momentum penting menuju penyelesaian substansial perundingan RCEP pada akhir tahun ini dan mempersiapkan Pertemuan Menteri RCEP ke-7 pada bulan September mendatang di Bangkok.
Delegasi Indonesia dipimpin oleh Direktur Perundingan ASEAN selaku Alternate TNC Lead Indonesia, Ibu Donna Gultom dan didampingi oleh seluruh Kementerian/Lembaga. Dalam perundingan ini, Kemenko Perekonomian turut hadir mengikuti serangkaian acara yang ada. Perwakilan Kemenko Perekonomian dipimpin oleh Bapak Sukarman selaku Kepala Bidang Kerja Sama Ekonomi ASEAN didampingi oleh Bapak Benito Rio Avianto selaku Kepala Sub Bidang Kerja Sama Ekonomi Internal ASEAN dan Bapak Zulfirman Basir selaku Kepala Sub Bidang Kerja Sama Mitra Wicara ASEAN juga beberapa staf lainnya. 

Pada pertemuan ini, TNC fokus membahas beberapa pending isu yang tidak terselesaikan di WGs/SWGs. TNC juga fokus mempersiapkan isu-isu yang akan dibahas di tingkat Menteri RCEP bulan September 2019 dan jalan keluar penyelesaiannya.